Untuk Meningkatkan produktivitas kerja ada begitu
banyak tantangan muncul. Baik dari luar maupun dalam diri. Tahukah bahwa
produktivitas erat kaitannya dengan kesuksesan? Saya yakin bahwa setiap orang
ingin sukses. Setiap orang memiliki goal untuk dicapai. Setiap orang punya
tolak ukur dan definisi sendiri tentang sukses.
Produktivitas kerja bisa dilihat dari
outputnya. Ini merupakan kunci untuk membedakan orang berhasil atau tidak
berhasil. Produktivitas merupakan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan
pekerjaan. Dalam waktu tertentu dengan kualitas baik. Produktivitas kerja dapat
dilihat dari efektifitas dan efisiensi. Serta sikap mental yang selalu ingin
meningkatkan kinerja terus menerus.
Berikut Tips Mudah untuk meningkatkan produktivitas kerja
:
1.BANGUNLAH LEBIH PAGI
Mulailah kebiasaan bangun lebih pagi.
Ketika bangun lebih awal, hari menjadi lebih panjang. Bisa melakukan lebih
banyak hal. Waktu pagi yang tenang adalah waktu yang paling cocok bagi kita
untuk memecahkan masalah-masalah penting, karena pada waktu pagi otak santai.
Pikiran jauh lebih tajam. Hampir 80% orang sukses bangun lebih awal dari orang
kebanyakan. Penelitian dari Roehampton University di Inggris oleh Dr Joerg
Huber menyimpulkan bahwa bangun pagi membuat tubuh sehat, mood baik. Bangun
pagi cenderung membuat orang lebih bahagia dan produktif.
2.FOKUS PADA SATU TUJUAN
Hal yang membedakan pengusaha sukses
dengan pengusaha yang lebih sukses adalah Tujuan mereka. Mereka menetapkan Tujuan.
Tujuan harus spesifik, jelas dan tepat. Karena tujuan yang baik akan
mengarahkan kita langsung fokus pada apa yang ingin kita capai. Tujuan sangat
penting untuk meningkatkan produktivitas agar mendapatkan hasil maksimal.
3.BUATLAH LIST TO DO DONE BERDASARKAN PRIORITAS
Banyak hal yang akan dikerjakan setiap
hari. Membuat kita merasa terbeban. Sehingga nantinya tidak ada satu hal pun
selesai dilakukan. Mulailah list daftar pekerjaan. Urutkan berdasarkan
prioritas. Tentukan tanggal selesai atau jam selesai. Sehingga bisa fokus.
Menyelesaikan step by step agar produktivitas kerja bisa ditingkatkan.
4.BERIKAN DEADLINE
Deadline di Butuhkan agar kinerja
dapat terorganisir dengan baik. Deadline Bisa Meningkatkan produktivitas kerja.
Deadline membuat lebih terpacu menyelesaikan pekerjaan serta memberikan
efisiensi waktu.
5.MULAI SAAT INI JUGA
Memulai merupakan bagian paling sulit.
Ada pepatah mengatakan 1000 mil dimulai dari satu langkah. Ketika berhasil
memulai, kita akan terlarut menyelesaikan pekerjaan tersebut. Memulai lebih
baik dari pada memikirkan semuanya dan tidak menyelesaikan satu pun. Dengan
Memulai maka kita sedang berjalan untuk menjadi produktif.
6.PASANG TIMER UNTUK SETIAP HAL YANG DIKERJAKAN
Tujuannya adalah agar bisa mengukur
seberapa cepat atau lambat Anda bekerja. Jika perlu bandingkan dengan rekan
kerja. Untuk mendapatkan gambaran seberapa baik dalam memaksimalkan waktu. Ini
akan membantu diri Kita lebih produktif. Kita bisa mengukur produktivitas kerja
sendiri.
7.LAKUKAN ANALISA PADA SETIAP TUGAS
Orang produktif tahu bagaimana
menghabiskan energi yang mereka miliki. Orang produktif melakukan analisa
apakah pekerjaan sudah dilakukan dengan tepat dan maksimal. Hal ini bisa
meningkatkan produktivitas kerja.
8. AMBIL WAKTU ISTIRAHAT
Ambil waktu Lima Menit atau sepuluh
menit. Untuk beristirahat. Hal ini penting untuk mengistirahatkan otak. Rentang
konsentrasi rata-rata di antara orang dewasa hanya 20 menit, meskipun ada
penelitian merekomendasikan istirahat 15 menit setiap dua jam.
Hal ini tergantung pada tantangan
pekerjaan. Tingkat kesulitannya. Ambil waktu istirahat sejenak. Istirahat
penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Bisa berjalan santai, keluar
dari ruang kerja. Atau berdiri setelah duduk, meregangkan sendi-sendi. Intinya
adalah menghadiahi diri sendiri, istirahat sejenak. Menggunakannya untuk
menyegarkan pikiran dan tubuh. Atau hanya sebatas menghirup udara segar pada
waktu makan siang.
Di Aquarius Resources kami mulai
istirahat 10 menit setelah 1,5 jam bekerja. Anda bisa tentukan sendiri berapa
lama waktu yang dibutuhkan untuk istirahat agar bisa meningkatkan produktivitas
kerja.
9.IMPROVE YOUR KNOWLEDGE
Mengupdate pengetahuan sangat penting.
Kita bisa belajar dari mana saja. Menambah pengetahuan kita. Seperti: Membaca
Buku, Sharing bersama rekan kerja, bertanya jika mengalami kendala dalam
pekerjaan. Dengan menambah pengetahuan dan mau belajar maka produktivitas kita
akan meningkat.
10.MEMBERIKAN REWARD
Sesekali wajib memberikan reward atas
pekerjaan ataupun pencapaian yang sudah dilakukan. Penghargaan atas diri
sendiri penting untuk memotivasi dan meningkatkan semangat kerja. Kalau kita
saja tidak bisa menghargai diri sendiri, bagaimana orang lain bisa menghargai
kita?
Sadar atau tidak, terkadang kita lupa
bahwa sesekali kita berhak menerima “reward” atas apa yang telah dikerjakan
selama ini. Bukan dari pacar, atasan, atau orang lain, tapi dari diri sendiri.
kerjaan bertumpuk, tekanan dari lingkungan kantor.
Sadarkah kita bahwa kita berhak untuk mendapatkan penghargaan atas apa yang telah dikerjakan. Bukan di ukur dari keberhasilan yang telah dicapai tapi lihat sejauh mana prosesnya telah dijalani. Reward bagi diri sendiri perlu diberikan sebagai penghargaan dan rasa terima kasih terhadap apa yang telah dilakukan. Hal ini bisa membantu kita meningkatkan produktivitas kerja.
Sadarkah kita bahwa kita berhak untuk mendapatkan penghargaan atas apa yang telah dikerjakan. Bukan di ukur dari keberhasilan yang telah dicapai tapi lihat sejauh mana prosesnya telah dijalani. Reward bagi diri sendiri perlu diberikan sebagai penghargaan dan rasa terima kasih terhadap apa yang telah dilakukan. Hal ini bisa membantu kita meningkatkan produktivitas kerja.
11. MENGUBAH PEMANDANGAN SAAT BEKERJA
Jika memungkinkan, Anda pergi bekerja
di luar. sesekali Anda bisa bekerja di tempat berbeda. Bisa mengubah perspektif
visual. Seperti ke taman atau kafe. Bisa juga di lobi kantor. Asalkan Anda
tidak merasa terbatas pada dinding atau ruang yang sama. Hal ini dapat
meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Lokasi ini mungkin masih sibuk
dengan kehidupan dan obrolan. Tetapi mereka akan segera menjadi “white noise”
karena mereka adalah lingkungan yang secara pribadi tidak terlibat secara emosi
dengan Anda.
12. KELUAR DARI CHIT CHAT
Tentukan Jam Sosial Media. Karena kita
terbiasa membuka Skype, Messenger, Twitter, Facebook atau apapun itu, Pada saat
kerja sebaiknya harus dimatikan. Jika Anda ingin menambahkan sedikit waktu
produktif. Karena tanpa disadari membuka sosial media pada saat bekerja. Banyak
sekali menyita waktu. Menghambat diri untuk meningkatkan produktivitas kerja.
13. RAPIKAN MEJA KERJA ANDA
Pastikan ruang kerja Anda bersih dari
kekacauan yang tidak perlu. Termasuk di atas meja komputer. Ruang berantakan
membuat pikiran jadi tidak terorganisir dan terfokus. Simpan dokumen-dokumen
yang sudah selesai dikerjakan agar tidak ada tumpukan dokumen. Hal ini akan
membantu Anda lebih produktif.
Menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.
Menjadi Produktif itu sebenarnya mudah. Semoga dari 13 tips ini, salah satu dua
atau bahkan semuanya bisa diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari. Menerapkannya
perlu dibarengi dengan keseriusan. Perubahan sulit dilakukan diawal. Mari
memulainya. Latih jadi kebiasaan agar bisa menjadi orang sukses yang produktif.
Sebagus apapun tips produktif di atas,
hal terpenting adalah mengendalikan situasi. Fokus pada pekerjaan. Belajar
lebih produktif. Anda Bisa membuat strategi dan perencanaan. Kunci terpenting
adalah melakasanakannya lalu mulai meningkatkan produktivitas kerja. Jangan
stres, berhenti membuat alasan. Selesaikan pekerjaan Anda! Tingkatkan
Produktivitas Kerja.
You can see
original post at :
0 komentar:
Posting Komentar